Cerpen Remaja - Fiveteen

FIVETEEN
Karya Mayra.Armianthyara

Lima belas, ya memang semua ini tentang angka “15”. Angka ini sangat keramat buat Mey kenapa ?? ya, karna angka ini yang buat Mey enggak bisa lupain sosok cowok yang udah ngasih seberkas harapan palsu. Awal cerita dimana Mia bisa ngedapetin angka ini, Mey diceritain sama seorang sahabat sebut ajah namanya Fhia, kalo cowok yang Mey suka punya pacar “15” kaget enggak ?? kejadian ini berawal dari mereka masih duduk dikelas XI.

Hari selasa dimana ada pelajaran penjasorkes pelajarn ini sih jam ke3, pada saat jam pelajaran ke2 udah enggak ada guru, terus anak-anak dikelas pada sibuk ganti baju trening termasuk Mey sama Fhia, habis ganti baju tiba-tiba Fhia cerita.
“Mey, gue dapet cerita nih dari si Ulum”
“apaan ?” jawab Mey penasaran.
“masa si Sughi punya pacar 15”
“whattttttttt..........??!!”
“yakin loe ?” sambung Mey.
“lah mana gue tau !” jawab Fhia. “tapi dari cerita itu sih kayaknya gue yakin bnget deh.” Sambung Fhia.
“ahh, gue mah gak percaya lah !” sambung Mey agak ketus,
“udah sih loe gak usah suka sama cowok kayak dia, udah tau dia playboy, suka mainin perasaan cewek” jawab fhia agak meyakinkan Mey.
“Aku tidak mungkin jatuh cinta pada orang seperti dia! Kalau saja aku dapat menentukan jalan hidupku, aku lebih baik tidak bertemu dengannya. Walau harapanku ini mustahil, tapi aku ingin untuk tidak mencintai orang itu. Dia bukanlah pria yang baik. Aku menyesal karena aku terlalu bodoh dan terbuai sikap lembutnya”. Lirih Mey dalam hatinya.

Pada awalnya Mey mengira Sughi hanya bersikap seperti itu kepadanya, tetapi dia salah. Sughicmemperlakukan semua perempuan sama sepertinya. Dia sungguh tidak terima. Dia ingin pergi sejauh mungkin supaya dia tidak dapat melihat wajah pria yang memuakkan itu.

Priiiiiiittt............... pluitnya pak Rahman berbunyi, karena terus melamun Mey telat datang kelapangan. Seperti biasa pemanasan dulu sebelum mulai pengambilan nilai, saat penghitungan murid Mey dapet no urut 10 terus si Sughi dapet no urut 15, sontak Mey sama Fhia langsung teriak. “LIMA BELAS !!??” gilaaaaa, temen-temen ngeliatin semua, kaget bercampur malu yang Mey rasain.
****

Siang itu rasanya matahari seakan diatas kepala. Ketika mau pulang Mey ngobrol dulu sama Fhia.
“eh, lu nyadar gak sihh hari ini itu penuh dengan angka “LIMA BELAS” ??” tanya Mey agak penasaran,
“iya, kok bisa sihh ?!”.

Biasanya sambil ngobrol kita browsing, iseng-iseng Mey buka facebook pas dia liat obrolan,
“obrolan gue ada LIMA BELAS ?! gilaaa, apa lagi ini” fikir Mey dalam hati.
“ehh, Fhia liat deh obrolan gue ?!” sambil menarik tangan Fhia.
“mana ?” jawab Fhia penasaran.
“niihh, liatt deh !” timpal Mey.
“eehh, ko bisa sih ?” jawab fhia agak heran. Saking penasarannya Mey searching di google “ARTI ANGKA LIMA BELAS” wedeeeehhh, yang muncul enggak seperti apa yang gue harapkan. Ya sudahlah akhirnya Mey pulang, pas banget lagi Mey pulang jam 14.45 waduh, kurang LIMA BELAS. Sumpah demi apapun hari itu buat Mey penuh banget sama angka yang berkaitan dengan LIMA BELAS.
****

Hari demi hari, waktu demi waktu, minggu demi minggu, Mey jalanin waktu dengan angka LIMA BELAS. Banyak kejadin di kehidupannya yang berkaitan dengan LIMA BELAS dimana pun itu kapan pun itu asalkan berkaitan pula sama Sughi. Semua tentang angka itu selalu ajah berkaitan sama Sughi, benci yang Mey rasa karna saat ini dia sudah mulai ilfil sama Sughi. Sejak pelajaran penjas, terus-terus dan menerus banyak kejadian yang memangnya sengaja Mey lupain.
Kenaikan kelas XII sudah di depan mata, Mey sudah mulai fokus dan dia udah enggak mau ngingetin hal itu semua. Waktu pembagian kelas XII Mey dapet kelas XII. Ipa 1 nahh , pas dia tanya sama temen-temen yang lain, ternyata mereka semua kepisah termasuk Mey sama Fhia. Mey berharap tak pernah satu kelas lagi sama Sughi ,tetapi kenyataan berkehendak lain, kini dia justru satu kelas dengan pria itu.
. “aduuuh, gak bisa move on dah gue “ jeritnya dalam hati. Semakin dia coba ngelupain Sughi semua itu nihil, makin lama rasa cintanya ke Sughi makin jelas dan angka LIMA BELAS iti lambat laun mulai hilang di kehidupannya.
****

Hari itu, cuacah panas ditambah lagi dengan panasnya hati Mey yang enggak bisa ngelupain Sughi. “ahhh, mau nangis” saking enggak tahannya dia samperin Fhia dan Mey langsung ajah ceritain deh semua kegundahannya semua tentang Sughi. Malamnya Mey enggak bisa tidur, dia nangis lagi sambil ditemenin sama lagu-lagu galau yang dia punya. Karna udah larut malem akhirnya Mey memutuskan untuk tidur meski dengan keadaan mata yang anggak sembab. Pagi tiba, pas dia bangun, dia inget-inget tadi malem mimpi apa ya, lama Mey berfikir ternyata dia mimpiin Sughi. “damn !!, niat mau move on malah jadi kayak gini” lirihnya dalam hati. Seperti biasa tiap malem Mey mimpiin Sughi, “ya Allah, tolong bantu aku lupakan dia” do’anya di setip pagi.
Rasa sesak di dada belum sepenuhnya hilang, akhirnya pada hari sabtu tanggal 11-08-12 akhir SANLAT Mey mengungkapan semua kata cinta yang selama ini sudah terpendam lama, dia dibantu sama sahabat-sahabatnya Fhia, Ana dan Isti.
“oh my god, mesti ngomong apa ini gue ?”. bisik Mey dalam hati. Dan pada akhirnya dia pertegas kata kata CINTA itu. Yahhh, meskipun jawabannya enggak seperti apa yang diharapkan, tapi ya sudahlah mau apa lagi.
“gak apa-apa deh CINTA gue cuman bertepuk sebelah tangan” lirihnya dalam hati. Setiap hari yang Mey rasa Cuma galau, galau dan galau. Tapi mulai saat ini dia pertegas sama perasaannya, lupain Sughi !!.

Sore hari seperti biasanya Mey sama anak-anak teater latihan buat pementasan drama. Di saat lagi briffing ade kelas Mey, Prita namanya, tiba-tiba nyamperin Mey dengan wajah yang agak meyakinkan, lalu ,
“ka, tau gak ?”
“apa ?” jawab Mey penasaran.
“masa siih ka enggak tau ?”
“beneran de, kakak gak tau”.
“ka, si Sughi kan uadah jadian”.
“Sama siapa ?” jawab Mey kaget.
“sama anak kelas XI”
“siapa de ?” tanya Mey penasaran.
“masa kakak gak tau ?, iti tuhh si Alifa”
“whaat..??” teriaknya. Untung ajah yang lainnya enggak ada yang denger,
”sumpah loe de ?!” bentak Mey.
“beneran deh ka, soalnya dia sendiri yang ngomong sama gue”.

Waahh makin kacau dah perasaannya, begitu dia tau Sughi jadian sama cewek lain setelah banyak janji yang Sughi ucapkan buat dia. Sughi emang pernah janji sama Mey, setelah lulus nanti dia mau ngejar cita-cita terus setelah itu, ahhh banyak deh yang dia janjiin Mey.
“terus dia ngomong apaan ajah sama loe de ?” tanya Mey penasaran.
“dia cuman bilang makasih, ya gue tanya lah, makasih buat apa loe ka Sughi ?, ya loe kan udah bantuin gue buat ngedapetin si Alfia, emang lo ngomong apaan ajah sih sampe si Alfia mau nerima gue ? terus gue jawab gini ka, lahh mana gue tau, gue gak pernah ngomong apa-apa sama dia ka Sughi, waahh berarti gue berhasil karna kesuksesan gue sendiri dong, iya kali yaudahlah selamat ya ka Sughi, nahh ka Mey dia itu emang bener-bener kaya laler deh, nemplok sana sini” cerita panjang Prita udah membuat Mey tercengang mendengarnya.

Suasana mulai sunyi, dia berfikir sejenak.
“lah de, bukannya dia lagi deket sama anak teater ?” sambung Mey agak meyakinkan Prita.
“lahh, yang bener nih ka ?”.
“iya de”. Sesaat Prita terdiam, lalu
“tuh kan emang cowok kaya gitu tuh menang omongan doang”.
“yaudahlah sekarang gue tau semua de, makasih ya de buat ceritanya” jawab Mey .
“ya sama-sama ka” jawab Prita. Semua cerita yang dia dapet hari ini udah meyakinkannya buat ngelupain Sughi, di hapuslah nomornya Sughi, smsnya juga tanpa sadar waktu Mey mau menghapus semua sms dari Sughi ternyata jumlah smsnya ada LIMA BELAS,
“aduh, again !!” bisiknya dalam hati.
“kenapa mesti dateng lagi sihh angka LIMA BELAS ini ?” lirihnya. Akhirnya mulai saat itu angka LIMA BELAS adalah angka kesialan buat Mey.
Fajar mulai menyingsing, kicauan burung menari-nari di angkasa, sungguh indah bila ketika memandangnya. Embun pagi menyejukan hati Semerbak wangi mawar membuat segar perasaan kita. Indahya alam ciptaan tuhan yang maha esa, Tak ada yang bisa menandinginya,Karena tuhan adalah sang kholik pencipta alam semesta. Ricuhan murid-murid SMA bagaikan burung-burung yang sedang menyanyi-nyanyi. Murid-murid mulai berdatangan menuju sekolah untuk menuntut ilmu, walaupun ada yang niat sekolah hanya ingin mendapatkan uang jajan dan ingin memiliki banyak teman atau hanya sekedar untuk datang, duduk manis di dalam kelas lalu pulang. Murid-murid berdatangan ada yang naik motor, sepeda, becak, angkot, diantar orang tuanya, adapun yang jalan kaki.

Bel sekolah pun berbunyi sebagai tanda waktu pelajaran dimulai. Murid-murid dengan tenang belajar di sekolah. Hening sepi keadaan di sekolah bagaikan tak berhunikan makluk, Seperti di hutan sepi sunyi. Bel istirahat pun akhirnya berbunyi, murid-murid bagaikan pasukan burung yang keluar dari sangkarnya menuju kantin gaul Emak. Perut mereka terjadi perang dunia ketiga mereka berebut makanan dan cepat-cepat mendahulukan mengambil makanan. Seperti biasa Mey datang kekelasnya Fhia dan mulai menceritakan semua tentang Sughi ke Fhia.
“Fhia, gue dapet info baru nih”
“apaan ? pasti tentang Sughi ?”
“nah, itu loe udah tau, ternyata si Sughi punya pacar baru, padahalkan dia lagi deket sama cewek lain” singkatnya agak meyakinkan.
“what...?? siapa ?”
“itu tuh anak kelas XI”
“tuhkan loe sih, udahlah Mey lupain Sughi, apa baiknya coba dia buat loe ?!” jawab Fhia.
“iya iya, gue pasti lupain Sughi kok”
“naahh, gitu dong, eh btw dah dulu ya, banyak tugas niiih”.
“yadah ntar gue ceritain lagi deh”
“yaa, terserah loe deh”.
****

Enggak terasa UTS udah di depan mata, hari pertama Mey melaluinya dengan biasa-biasa sajah begitu juga dengan hari ke2 dan ke3. Hari ke4 entah ada bisikan dari mana dia penasaran ke pingin banget ngeliat nama Sughi di kertas absen.
“What, apaan ini absen dia LIMA BELAS, damn lagi-lagi LIMA BELAS”. Saking bingungnya Mey mikirin soal absen itu, sampe-sampe dia telat ngumpulin jawaban. Akhirnya bel istirahat berbunyi, buru-buru dia samperin Fhia.
“Fhia, ada yang baru nih”
“apaan lagi siih ?”
“biasa si Sughi”
“again ?!”. mungkin Fhia sudah mulai merasa bosan mendenger semua tentang Sughi.
“yaa, habis siapa lagi ?” jawab Mey memelas.
“yaudah apaan ?”
“percaya gak, kalo ternyata no absen Sughi di ruangan gue no LIMA BELAS !”
“sumpah, ko bisa sih”
“lah mana gue tau”.
Teeeeeeeeeeeeet.......... bel tanda masuk mulai berbunyi. Lagi-lagi ceritanya kepotong, tapi yasudahlah tak apa.
****

Hari terakhir UTS dia pergi ke pantai bersama dengan teman-temannya, dari awal keberangkatan saja sudah terjebak macet, lalu nyasar. Setelah melakukan perjalanan panjang menggunakan motor, memang tak seberapa jauh letak pantai, maka dari itu teman-teman memutuskan untuk menggunakan motor saja. Sesampainya di tempat tujuan, lagi-lagi angka LIMA BELAS menampakan dirinya, kali ini justru adalah kesialan buat Mey dan kawan-kawannya kenapa ? karna biaya masuk pantai ternyata Rp. 15.000,- tuh kan LIMA BELAS lagi.
“haduhh mana uang gue tinggal Rp. 5.000,-“. Bisik Mey sambil melihat isi kantongnya, dan pada akhirnya Mey patungan sama teman satu motornya. Agak menyesal pergi kepantai namun tak apalah hitung-hitung ngerefres otak yang sudah mulai penat.

Desiran ombak yang menghantam karang, perahu-perahu yang bergoyang mengikuti arus ombak, pasir pantai terkapar nan luas, karang-karang kecil berhamburan, kepiting-kepiting kecil berlarian menjauhi ombak dan ikan-ikan yang berenang-renang di pinggiran karang, ya Allah betapa indahnya pemandangan ini.
****

Hari-hari berlalu begitu saja. Seperti biasa hari demi hari dijalaninya dengan penuh kegalauan. Hari ini dia bolos latihan, iseng-iseng dirumah buka twitter pas dia liat tenyata ada mention dari seseorang. Nah mention itu tentang cerpennya yang yang lalu. Hari berikutnya dia ceritain sama Fhia,
“Fhiaaa...... cerpen gue udah di tampilin”
“heemm, syukur deh”.

Dengan rasa penasaran dia buka netbooknya, terus browsing. Pas dia buka kumpulan cerpen remaja ternyata cerpennnya ada di urutan LIMA BELAS.
“whatt...?!!” teriaknya. Sontak temen-temennya ngeliatin dia. Tapi dengan cueknya dia bilang ke Fhia,
“ehh liat deh, cerpen gue no LIMA BELAS”
“mana-mana ?” jawab Fhia penasaran.
“nihh liat aja !!”.
“naah, iya tuh, kok bisa yaa ?”.
“tuh kan, semua tentang Sughi selalu berkaitan dengan LIMA BELAS begitupun sebaliknya”.
“iya yah, ko bisa”.
“gak salah dong gue ngasih nama dia LIMA BELAS”.
“ya, ya, ya, ya” jawab Fhia.
****

Akhirnya pada saat ini dia ngerasa kalau LIMA BELAS itu selalu berkaitan dengan Sughi. Entah hanya otaknya yang berfikiran demikian, atau hanya kebetulan belaka, mungkin bisa juga sebuah pemikirannya yang tidak bisa terlepas dari Sughi dan LIMA BELAS. Tapi yasudahlah, dia hanya bisa menarik nafan sambil menahan rasa sakitnya, rasa sakit yang mungkin takan pernah hilang. Yang dia harapkan bahwa hari ini, esok dan seterusnya dia mau Sughi tau bahwa dia tetep nunggu Sughi meskipun dengan rasa sakit yang dia rasakan saat ini.
“I love you but you don’t love me, aduhh apa sih gue fikirin !!?”, lirihnya dalam hati. Dan
”Tuhan aku mohon padamu, bantulah aku melupakan dia dan angka ini, karna aku tak ingin jatuh cinta pada orang yang salah dan akupun enggan merasakan cinta yang teramat sakit ini”.
-END-
 
Cinta yang sebenarnya adalah ketika kamu menitikkan air mata dan masih peduli terhadapnya meskipun dia tidak.
Cinta yang sebenarnya adalah ketika dia tidak mempedulikanmu dan kamu masih tetap memperdulikannya dan menunggunya dengan setia.
Cinta yang sebenarnya adalah ketika dia mulai mencintai orang lain dan kamu masih bisa tersenyum melihatnya.

MAYRA.ARMIANTHYARA
mayra.armianthyara@facebook.com
Follow me @m2m_bn

Baca juga Cerpen Remaja yang lainnya.
Share & Like