Kak Jay - Cerpen Remaja

KAK JAY
Karya Rahmayanti Rasyid

Teman-temanku adalah semangatku! Pastinya, tiap hari aku hanya habisin waktu bareng mereka,ketawa bareng, maen bareng, cerita-cerita bareng,bahkan curhat masal dikelas biasanya.dan hal yang nggak pengen aku lewatin itu yah ini, hari-hari bareng mereka. Buat mereka, aku bukan anak yang manis, aku bukan anak yang seru kalau di ajak curhat. Kenapa?? Karena aku nggak suka dengar cerita mereka tentang pacar-pacar mereka itu. So what?? Kenapa sama pacar-pacar mereka? Bukan sama pacar mereka, tapi sama merekanya juga. umur baru juga 17 taun, atau 18 taun tapi mikirnya cinta terus… nggak puyeng apa? Masih kecil, mikirnya udah seputaran kisah anak-aanak dewasa yang hidup bakalan galau karena cinta. Sungguh nggak masuk akal..

Tapi disamping itu semua, aku senang kok ada dalam bagiannya mereka. Walaupun aku masih dikategorikan sebagai anak paling menyebalkan karena tiap mereka ngomong apa aja, aku mesti komen yang aneh-aneh.so? aku mesti masak sambil berenang gitu?? Atau mesti loncat dari atap gedung sambil bilang WOW??

Teman-temanku, selamanya aku tetap bersama mereka kok. Walaupun sekarang nggak barengan lagi, karena kita udah beda jalur. Walopun mutusin buat bersama selamanya, tapi masa depan tiap orang beda-beda. Biarin aja kita nyari masa depan kita masing-masing, biar bisa bareng-bareng pas udah sukses nanti..AMIN
Aku terkenal sebagai cewek yang nggak punya cerita cinta dalam hidup, aku nggak punya kisah indah tentang cinta, aku juga nggak pernah kenal namanya pacaran. Meskipun mereka nggak pernah tau cerita cintaku selain seorang temanku saja. Cinta yang menyedihkan, bahkan sakitnya masih terasa sampai sekarang.aku pernah ngerasain itu.
**

Hari itu, suatu saat di bulan juni tahun 2007. Hari itu hari terakhir MOS di SMA. Dan aku ada didalam jejeran anak-anak yang menderita sejak 3 hari lalu. Aku sering dipanggil buat nyanyi atau joget didepan, bisa dibayangin aku joget ala india didepan semua panitia MOS juga siswa baru lainnya? Pernah liat mbak Kajol yang diindia joget nggak? Nahh, aku disuruh joget kayak gitu. Tapi bedanya mbak Kajol pake gelang asli, aku pake tali tambang yang gede banget dan diikat dari telapak tangan sampe siku. Nggak gila tuh?? Biasa aja sih sebenarnya.hahah.

Tapi buat aku sih, malu gitu nggak apa-apa. Yang penting bisa liat kak Jay senyum walopun Cuma dikit aja udah jadi berkah banget buat aku. Yupp! Kak Jay itu kakak panitia kesukaanku. Dia nggak seganteng kak Lee ataupun kak Renold yang kelihatan keren banget walaupun lagi bengong, tapi kak Jay itu ada yang beda dari dia dan sampe saat inipun aku nggak tau kenapa aku bisa seneng banget liat dia. Cuma tiap kali dia lewat didepanku, aku Cuma bisa teriak dalam hati aja ‘KAK JAY, AKU PADAMUUU~’ hahahah~

Dan pas hari terakhir itu, banyak anak baru yang nangis gara-gara dikerjain. Sebenarnya aku juga pengen nangis liat mereka nangis, tapi melihat situasinya kak Jay duduk didepan sana *nunjuk ruangan osis dekat lapangan SMA* aku jadi pengen senyum aja. Kak Jay, Kak Jay, dia kok sesuatu banget ya dimataku??

Pas api unggun udah nyala, aku usaha banget buat dapat tempat dekat kak Jay, tapi sayang banget, tahtaku yang sebenarnya dekat kak Jay udah direbut kak Rina salah satu panitia MOS yang paling judes menurut anak-anak disini. emang judes sih, tapi buat aku judesan kak Jay, aku nggak pernah liat dia ngeliat aku, walaupun aku tepat didepannya udah gitu senyum sama ketawanya juga jarang lagi, padahal mukanya ramah banget. Judeskan?? Tapi sebenarnya dia Cuma cool aja kok T___T.
Walaupun kak Rina ngakak gila didepan kak Jay, tuh cowok Cuma senyum aja. Tipis pula. Dan aku nyadar satu hal paling penting, ternyata aku udah ngabisin banyak waktu buat liat kak Jay selama MOS. HANYA BUAT LIAT DIA!!
**

Hari-hari aku pake seragam putih-abu nggak begitu berkesan diminggu-minggu pertama. Habisnya aku nggak begitu ngenal teman-teman sekelasku, tapi semenjak aku kenal Tata, teman sebangku yang baru masuk setelah minggu pertama perkenalan selesai, aku jadi senang banget. Kenapa? Karena Tata orangnya asik, udah gitu dia kenal baik sama kakak-kakak senior disini. why?? Karena kakaknya juga pernah sekolah disini, tapi pas kelas 2 kena kecelakaan dan meninggal *miriss* makanya banyak tuhh senior yang kayak sayaaaaaang banget sama dia. Apalagi kak Renold yang paling ganteng itu ngakunya sahabat baik kakaknya Tata, dia sering nyamperin Tata dikelas, sampe-sampe orang banyak yang mikir mereka pacaran, padahal kan nggak.

“Ren, udah ngerjain tugas bahasa inggris belum?” Tanya Tata.
Aku ngangguk sambil ngasih buku tugas ku.
“tau aja gue mau ngopas.hehehe”Tata nyengir kuda.
“keliatan dari muka lo.” Sahutku ikutan nyengir.
“keliatan banget ya??” Tata nanya polos banget.
“jelasssssssss” balasku lagi. Kita berdua ketawa bareng lagi, setelah itu, cerita dihari itupun dimulai kembali.
__

Jam istirahat, aku sama Tata Cuma beli cemilan kecil dikantin dan mutusin buat duduk dipinggiran lapangan buat makan. Keberuntungan emang lagi mihak sama aku, dari tempat aku sama Tata duduk, jelas banget liat kak Jay lagi duduk liat orang maen bola juga. kenapa nggak ikutan maen coba?
“kak Jay kok nggak ikutan maen sihh?” tanyaku heran.
“kak Jay? Setau gue sih, kakinya cedera. Dia itu kapten tim keseblasan SMA ini tau, tapi nasip lagi sial aja tuh makanya cedera” jelas Tata.
“ihh, kasian banget sih..”

Nggak tau liat apa, tapi kak Jay ketawa sambil nunjuk-nunjuk teman-temannya lagi maen bola. Sumpah, ada bom yang meledak dalam hati pas liat dia ketawa gitu.
“dia kok keren banget ya?”
“hah? Rena? Lo naksir kak Jay?”
Uuppss! Ketauan kan? Aihhh..
“eh, ng..nggak kok. Sembarangan aja lo nuduh”
“heheh, nggak usah bohong sama gue Ren.ngaku lo?”

Emang dasarnya aku polos, jadi yahh aku nggak bisa bohong atau ngelak lagi.
“emang apa yang lo suka dari kak Jay? Gantengan juga yang lain, walapun dia emang masuk kategori ganteng juga”
“nggak tau kenapa, suka aja liat dia. Awalnya sih Cuma sebatas suka, tapi lama-kelamaan gue jadi betah dan nemuin kesenangan sendiri pas liat dia”
“cieeh, baru juga lulus SMP kemaren, udah jatuh cinta aja”
“siapa juga jatuh cinta???”
“elo dong, masa gue??”
“ihh, nggak yahh”
“hahahah~ ketauan bo’ong lo?”
“ihh”
“hahaha~”

Sejak saat itu, aku baru tau kalau Tata emang orang yang bisa aku andalkan banget. Dia ngerti aku banget. Tiap kak Jay lewat, dia selalu aja nyenggol aku biar liat. Dimana dia liat kak Jay, dia juga selalu manggil aku buat ikutan liat, walaupun dia nggak mungkinkan teriak-teriak manggil aku. Dan Tata cukup kenal baik sama kak Jay, tapi sayangnya itu nggak ngaruh buat aku. Karena apa? Karena pada dasarnya aku terlalu takut buat liat kak Jay dalam jarak dekat. Aku selalu aja gugup dan susah ngontrol kendali tiap dia lewat didepanku atau aku lewat didepan dia. Yah, emang aku nggak keliatan naksir dia. Tata juga bilang gitu, dia juga bahkan nggak yakin aku serius naksir kak Jay, secara aku cuek banget keliatannya sama kak Jay.

Tapi aku sadar hal yang bikin aku sakit hati banget. Kak Jay nggak pernah liat aku. Tiap Tata negur, paling ngomongnya sama Tata aja, sedikitpun nggak ngelirik aku yang ada disebelah Tata. Walaupun aku jalannya didepan, dia selalu liat Tata atau siapapun dibelakangku. Aku selalu aja dianggap angin lalu buat dia, bahkan aku mungkin Cuma kotoran di tanah karena dianggap sebagai perusak pemandangan buat dia. Mikir itu bikin aku sakit hati banget. Sesak, bahkan aku mikir buat lupain kak Jay tapi nggak bisaa. Tiap liat kak Jay, efeknya selalu beda.

“bisa nggak? Lo bilang ke kak Jay kalau gue suka sama dia?”kataku sambil bengong liatin buku matematika dimeja.
“serius lo mau gue bilang? Gue sih oke-oke aja kalau lo mau” sahut Tata.
“terserah lo deh, mau bilang apa nggak. Gue juga oke-oke aja” balas ku.
“oke, ntar gue bilangin deh”
“iya”
Dan ternyata, aku memang nggak sepenuhnya sadar kalau aku ngomong hal tadi sama Tata. Begooooo! Kenapa juga aku harus minta Tata buat bilang coba? Biar masyarakat Indonesia teriak ‘WOW’ sama aku gitu? Atau biar kak Jay yang bilang ‘wow’??
Sialan! Otakku emang lagi kena virus. Jatuhin harga diri banget tau nggak sih?? Dan aku mau nyalahin siapa? Tata? Kan aku yang nyuruh dia buat kasih tau.. arrgghh! Aku pusing!
**

“gue udah bilang ke kak Jay lo sukaaaaa sama dia” kata Tata polos didepanku. Aku yang awalnya lagi ngunyah beng-beng jadi muncrat.
“Ta! Lo gila yaaaa???!!” pekikku frustasi.
“emang gue salah ya?” Tata bingung.
“ihhh! Tata, nggak lucu tauu” kesalku.
“bukannya lo yang minta gue ngasih tau Ren?”
“iaa~ tapi kan Cuma bencanda aja Tata~”
“yaaaa, maaaapp Ren. Gue pikir lo serius,jadi udah gue bilangin”
“trus responnya???”
“nggak ada respon sama sekali. Cuma senyum, terus sibuk lagi sama urusannya”
JLEB! Ya ampun, kak Jay kok segitunya nggak peduli ada anak yang naksir sama dia?? Walaupun bukan anaknya yang cantik, tapi setidaknya kan dia bisa? Bisa? Bisa apa ya? Tau ahhh! Gelappp !

Dan respon luar biasa muncul dari kak Jay setelah dia tau aku suka sama dia. Aku nggak tau harus gimana?? Bunuh diri? Atau ganti muka aja tiap datang kesekolah.
Kak Jay! Bukannya dekat, tapi makin jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuh buat aku. Dia bahkan nggak senyum sama sekali, tapi emang nggak pernah senyum sih. Tapi, dia bahkan kalau liat aku, adanya semakin cuek aja. Bahkan aku benar-benar Cuma dianggap sebagai benda mati. Dia bahkan nggak ngelirik aku sama sekali
T_____T.
Tuhan, pada akhirnya emang cintaku bertepuk sebalah tangan.. dan aku patahh hatii sebelum aku memulai semuanya. Terlanjur kecewa. Kak Jay! Kenapa harus ada manusia sedingin dia? Kenapa aku mesti suka sama dia? Dan kenapa susah buat lupain dia? T____T.

FIN

PROFIL PENULIS
Nama : Rahmayanti Rasyid
Panggilan : Maya, atau Chun *suka-suka orang yang mau manggil aja, asal jangan di maki2 aja sih..heheh*
Sekolah : STIKOM UYELINDO KUPANG-FKIP ILKOM
Email : Rahmasiwon42@yahoo.com
Add fb : Mayachun Elfsiwonest Chillies

Baca juga Cerpen Remaja yang lainnya.
Share & Like