Cerpen Cinta - Kesetiaan Cinta

Namaku dewi Zahrana , biasanya aku dipanggil ‘dewi’… kisah ini saat aku masih duduk dibangku sekolah kelas 3 SMA. Disaat itu aku sering menerima ejekan dan cemoohan dari teman-temanku karena masih ngejomblo… sedangkan teman teman yang lain sudah mempunyai kekasih baik satu kelas, kakak kelas, maupun dari luar sekolah… tetapi aku tidak peduli dengan mereka,,, sahabatku bernama yanti heran melihatku kenapa masih betah ngejomblo cuek atau bersikap dingin pada lelaki yang kadang iseng mendekatiku. Yanti selalu memaksaku untuk gantian curhat tentang cowok padanya saat lagi tidak ada guru. Aku hanya tertawa dan bilang… mau curhat apa yan… ngk ada yang mau dicurhatin loh…” pada suatu ketika saat diasrama tiba-tiba teman sekamarku yaitu pipit bertanya “ wi’ jujurlah cowokmu anak mana wi’ ?” “ya allah ngk ada loh pit,,, aku jelek mana ada yang mau ama aku pit.. pit.. “

Mendengar jawabanku pipit terdiam dan bilang . “ wi’ kita semuanya sama sich , menurutku kamu cantik wi’ manis lagi,,, tapi kamunya aja yang cuek dan bersikap dingin ama cowok cowok,,, tu siangga mau ngak?,,,, nanti aku jodoh-jodohin deh,,, “ aku ketawa “hahaha pit dingin gimana sich maksudnya ??? emank aku jual es batu apa,,, “
Pipit semakin heboh tuk jodohin aku ama sido’i… emank itu hobby dia kali mak comlangin orang,, hehehe becanda pit,,,
Sampai akhirnya kami tamat dari pesanten aku bloem memiliki pandamping,, “ya apa boleh buat toh cowok cowok disekolah ngak ada yang aku taksir, atau buat aku dag dig melihatnya… lagian aku senang belum memiliki perasaan seperti itu sampai lulus sekolah…
Cerpen Cinta - Kesetiaan Cinta
Setelah lulus sekolah dan pulang kampung , dirumah aku Cuma berdiam diri ngk pernah keluar rumah atau bermain sama anak tetanga,, didalam kamar dan smsan ama teman temanku. Tiba’’ ada no baru yang miscall ke no ku.. 4 menit kemudian ada sms masuk dari no misterius,, “yan , nanti gue, kerumah loh kita tanding putsal hari ni..”
Yang tadinya cuek, aku jadi heran apa maksud smsnya ? yan.. apa yanti ya maksudnya tapi masa iya yanti main putsal ada ada saja, gumamku dalam hati,,, ah bisa aja nama itu yanto atau siapalah ,,, salah kirim tu, atau orang iseng,,, dengan tenang aku balas sms dia,,, “maaf,, mungkin kamu salah kirim kali… aku bukan yan… “ kemudian no misterius tadi balas lagi,,, “ iya,, maaf juga ya,, tadi kirain kamu teman aku,,, kalau kamu bukan yan,, terus siapa donk,,,”

Alahhhh ini Cuma MODUS,,,, aku tertawa lucu melihat sms dia,,, orang seperti ini bukan Cuma satu didunia tapi beribu jadi aku dah tahu,,, tapi aku balas juga sich sms dia,,, “namaku dewi, kamu sendiri siapa paijo ya ?” ada balasan lagi .. “ perkenalkan nama aku romin,,, salam kenal ya…” dengan senyum-senyum karena lucu aku balas sms dia… “iya lam kenal juga rom..
Katanya sich dia dapet nope aku dari fb… tapi kok pura pura gitu ya,,, semenjak itu romin sering sms aku telpon aku,,, pas malam hari setelah makan malam hpku bordering , ternyata romin nelpon aku malam-malam lagi, aku sempat bingung mau angkat apa ngk, coz aku belom pernah teponan dimalam hari pa lagi telponan ama cowok. Takut dimarahi emak dan ayah,,, aku kekamar dan mengangkat telponnya. Dengan suara yang lirih kita ngomong,,, tiba tiba aku matiin telponnya, dan sms dia bilang kalau hpku rusak dan ngk bisa telponan , padahal bagus sich Cuma aku malu aja takut kedengeren orang tuaku,, terus ada balasan “ oke wi’ ngk pa2 kita smsn aja ya,, “

Dah kita smsn deh, aku berkurung didalam kamar dan smsn ama doi,, kebiasaan seperti itu tak asing lagi bagi kedua orang tua ku, karena semenjak tamat dari pesantren aku ngk pernah keluar rumah, maksudnya keluyuran… keesokan harinya ada sms masuk dari romin, “ selamat pagi dew… dengan isi kata kata mutiara yang memuakkan, “ kata kata seperti itu sering masuk ke hpku,,, dan isinya sama semua. Aku ngk langsung balas karena bangun tidur aku langsung bersih bersih dirumahku, setelah kerjaanku selesai , doi nelpon lagi… ketepatan aja kalau pagi hari orang tuaku lagi kerja dan kedua adikku lagi go to school,, karena aku sendirian dirumah aku berani beranikan angkat pon dia, romin banyak cerita tentang dirinya, dari ceritanya baru aku tahu kalau dia anak pekalongan jawa tengah,, jauh banget ya pikir ku… panjang lebar kita ngobrol2 sampai aku sakit perut dibuatnya karena doi orangnya humoris banget jadi aku senang ngomong ama dia, walau doi anak jawa asli, logat dia ngomong biasa aja kok. Karena keasikan ngobrol aku ngk tahu ternyata emak ku dah pulang, aku langsung diem dan bilang dan dulu ya ibu aku udah pulang ni… “iy ngk pa2 lanjut smsn ya dew”
Aku tutup telpon nya dengan salam. “ telponan ama siapa kau wi’ ‘ Tanya my mather,, “ sama yanti mak,,, “ jawabku berbohong,,, setiap ditanyain aku lagi smsan ama siapa dan telponan ama siapa aku hanya jawab ama yanti mak.. buat sahabatku yanti maaf ya nama mu aku jual.. hehehe

Semenjak itu aku senang banget kalau telponan ama dia, romin juga begitu sich,, katanya ngk tahu deh dihatinya gimana, tapi untuk teponan kita mesti curi curi waktu, pas bonyok lagi ngk ada aja, maklumlah masih anak anak. Tapi rasa nya ada yang aneh saat aku kenal dan dekat ama romin. Seolah olah aku menemukan yang kucari selama ini,padahal aku tidak berjumpa dengannya tetapi aku sudah merasa akrab dan dekat banget ama dia. ‘sungguh aneh’ itulah yang telintas dalam benakku, hari- hari ku jadi semangat dan kujalani penuh dengan senyuman. Sampai akhirnya kita jadian setelah tak lama kenal dan dekat hanya lewat telpon, “dew… semenjak aku telponan smsan dan dengar suara kamu aku merasakan berbeda pada perasaan aku ini, mungkin ini yang dinamakan cinta. Aku menyukaimu dew.. kamu mau ngk jadi pacar aku ? itulah ungkapan saat dia menembak aku. Tanpa ragu akupun langsung menerima cintanya, setelah itu aku merasa aneh kenapa aku semudah itu meneriama cintanya, mungkin aku merasa dia tepat dan cocok kali ama akau, dengan sikapnya yang baik, ramah, humoris juga paerhatian dan membuatku nyaman bersamanya, secara fisik kami banyak kesamaan, sama gendut, hahaha jadi malu kalau yang satu ni,, teman teman kampus banyak yg bilang kalau kami mirip dan juga teman temanku yang lain,, tapi teman teman dia juga bilang gitu sich,,, ada juga temannya dia bilang kalau aku kakaknya romin,, hmmm ada ada saja gumamku ,sambil senyum senyum,, kesamaan yang lain, tangan dan kaki tidak berbulu dll. Keesokan harinya aku curhat deh ama yanti ,,, sekian lama ia menungguku untuk curhat tentang cowok, baru sekarang aku bisa curhat, aku ceritakan semua nya sama yanti dan dia juga kedengarannya senang,

Setiap hari romin selalu sms aku, dah bangun bloem, dah makan bloem , dah mandi bloem,,, sms seperti ini sering aku baca di hp kakak sepupu aku yang punya pacar, aku paling ngejek dia, kak bilangin ma cowoknya kalau sms itu jangan Cuma nanyain dah makan bloem, dah mandi bloem yank,, sekalian aja yank dah berak bloem jangan lupa cebok ya,,, aku pun tertawa puas karena mengejeknya seperti itu… tapi ternyata itu dah aku alami sekarang,,, cowok aku juga ngirim sms yang sama ama cowok cowok yang lain,, ternyata sms itu bisa buat kita merasa diperhatiin loh,, aku malah senang dikirimin sms pendek gitu ama doi,,, serasa diperhatiin aja ma dia and dia gak mau kalau kita sakit,,, padahal bukan dia yang repot..
Dari sebuah sms pendek yang berisi “sayang kamu jangan lupa makan ya ntar sakit loh, “
Aku merasa senang dan sangat diperhatiin ama dia dan juga bisa menambah rasa sayangku padanya. Hal yang sama juga aku lakukan kok terhadapnya, mungkin aku lebih lebay dari apa yang aku ejekin selama ini ama kakak sepupu ku.

Benar kata temanku kita ngk boleh terlalu naïf melihat orang pacaran karena nanti kita ngk tahu apa yang terjadi pada kita kedepannya mungkin saja kita lebih parah dari mereka.
Akupun menjalin hubungan dengan romin satu tahun dua bulan lebih. Sampai aku melanjutkan kuliah dimedan iainsu. Hal yang aku impikan selama ini alahamdulillah terwujud, aku diterima kuliah di iain jurusan MPI, aku ngekost dipanjing gg murni bersama sahabat lama ku sewaktu dipesantren yaitu yanti. Selama dimedan dan aktif kuliah aku merasa kesepian karena sekarang romin telah merantau kejakarta untuk kerja, waktu telponan dan smsn kami tersita aku merasa sangat kesepian dan selalu kangen ama dia, selama ini kita tidak pernah putus kontekan dan aku merasa kita selalu bersama-sama, tapi aku harus terima kenyataan ini, aku kuliah dan dia bekerja, kita lebih banyak mengisi hari hari kita dengan kesibukan. Kecuali malam. Malam adalah waktu untuk melepaskan rasa rindu setelah seharian kangen ama doi.

Aku merasa sangat kesepian dan merasa seperti tak memiliki kekasih. Setelah 3 bulan lamanya aku kuliah, aku memustukan hubungan dengan romin, alasan karena aku ngk sanggup nahan kangen terus terusan , dan dia jarang telpon dan sms aku. Tapi itu ngk bertahan lama malam harinya aku merasa sakit dan kehilangan dirinya, jujur aku sangat mencintainya tapi hanya sikapku yang seperti kanak kanak akhirnya aku memutuskan hubungan dengannya, jam 08:45 dia nelpon aku dan bilang kalau dia sayang ama kau dan ngk mau putus dari aku, dengan mental yang kuat untuk seorang cowok dia ngajak aku balikan, air mataku menetes memendengar dia menangis,, aku merasa bersalah dan minta maaf padanya, dan kita balikan lagi dengan peraturan yang baru, yaitu sesibuk apapun kita harus tetap bisa sms walaupun ngucapin met makan siang doank.
Aku masih simpan salah satu sms dia…

“Mungkin aku bukanlah manusia yang sempurna yang bisa membuat kamu tersenyum dan bahagia bersamaku… aku adalah manusia yang punya satu juta kekurangan dalam diriku.. dan bila aku punya salah padamu aku minta maaf sepenuh hatiku, karena aku bukanlah manusia yang sempurna yang bisa membuat selalu bahagia bersamaku.. ada kalanya kau menangis bersamaku, tapi aku menjamin kau akan lebih sering bahagia dari pada menangis bersama ku.. I Love You..”

“aku perlu kamu untuk menuntun aku, aku butuh kamu untuk membuat aku tersenyum.. aku butuh kamu untuk melengkapi hidupku.. aku perlu kamu untuk temani hari hariku.. aku perlu kamu tuk jadi ibu dari anak anakku.. aku perlu kamu untuk mewarnai hatiku.. I Love You So Much,,,,..”
Kejadian itu membuatku semakin dewasa dan mulai mengerti bahwa itulah yang harus dipertahankan saat kita terpisah oleh jarak yaitu sebuah kesetiaan, mulai saat ini aku tidak lagi ngomong kaya gitu karena aku juga sangat mencintai dan menyayangi nya,
Aku,, kamu,, terpisah oleh jarak dan itu sudah peraturannya, dengan cinta yang berjarak ini kita saling berjanji ,,, saling setia. Saling jujur, dan saling pengertian dan harus sabar.
Romin pernah bilang,,, menjalin hubungan denganmu bukan hanya sekedar pacaran tapi untuk masa depan. Kata kata itu tak pernah aku lupakan saat dia mulai jarang telpon aku , perasaan buruk mulai menghantuiku, ayah kok ngk nelpon bunda lagi sich ? d isms juga gk pernah balas, dah ngk sayang y ? sms seperti itu sering aku kirimkan padanya, tapi kalau aku ingat kata itu dan janji kita berdua, aku langsung luluh dan minta maaf padanya.

Memank banyak sekali hal hal buruk yang terjadi menguji kesetiaan cinta kita kita,maka dari itu aku tanamkan sifat yang jujur sama doi, saling terbuka memaafkan dan setia.
Teman-temanku sering bilang ,, “wi’ kau pernah ngk sich berpikiran kalau romin itu selingkuh disana ?”
Aku jawab dengan senyum,,, “ ngk son,, coz aku percaya ama dia, lagian tiap malam kita telponan kok, jadi mana ada waktu untuk selingkuhannya, nama fb kami juga nama kami berdua, jika dia punya selingkuhan ngk mungkinkan ceweknya ngk protes, “
“iya juga sic wi’,,tapi kelihatannya dia orangnya baik kok, gian menurut aku kamu mirip loh,, hehehehe..’”
“mirip dari hongkong kataku,,,
“btw,,, pernah ngk wi’ klen ada rencana tuk ketemu gitu?”
“ada sich cin,, tapi belom tahu kapan,, nunggu waktu yang pas aja, kan dia juga lagi kerja, tapi rencananya pas aku lagi dimedan aja, jangan pas kita gi pulkam,,,’
“iya juga sich wi’,,, cie cie …. Tapi , hati hati ya wi’ nanti kalau ketemu ama dia jagn sendrian .”
“kenapa emank ?’’
“emank ngk liat berita wi’.. ya allah sekarang itu banyak penipuan loh wi’.. pacaran lewat fb, terus ketemuan,, tw wi’ ceweknya dihamilin dan cowoknya kabur gitu aja, n banyak juga yang bunuh cewek setelah diperkosa,, nauzubillah ya allah,,, “
“iya cindoot,,, ngk mungkinlah romin kaya gitu ada ada aja loh,,, buat takut ja ,,”
“heheheh ya gak gitu wi’ maksudnya,, kan biar lebih hati hati wi’..
“ iya loh cindot,,, lagian belum tahu kok kita ketemu pa ngk ?’”
Itu teman aku namanya cindy,,, dia emank selalu ngingetin aku jangan salah milih cowok , apalagi Cuma kenal lewat fb atau dumay. Makasih ya cin atas nasihat dan perhatian you sebagai teman yang baik,,,,

Dikamar kost aku dan yanti punya keunikan loh,,, kita tu selalu curhat, ngk kenal tempat , baik lagi makan, mau tidur, bil ngerjain tugas, pas gi dikamar mandi kalau nyuci sama sama,,, diangkot pas mau pulang juga, kadang kita tu sering ketawa sendiri melihat hobby kita yang suka curhat itu. Kadang pas mau curhat kita nanyak dulu “yan aku dah pernah bilang bloem tentang romin yang mimipi itu ?”
Dah wi’ dah berkali kali pun,,, “

Kami tertawa geli ,,, sakin hobbynya curhat yang udah pernah diceritain juga diceritakan lagi ,hehehehehe . yailah karena setiap bis telponan curhat, bis pulang kul curhat, jadi hari hari kita semua diceritain pas dikamar,, tiada dusta diantara kita. Tidak ada rahasia atau apapun itu diantara aku dan yanti. Yanti is my solmate.
Setiap hari yang dicurhatin ya tentang cowok masing2… romin itu gini2 bla blabla ,,, basri itu gini2 bla bla bla,,, so segala kejelekan dan kebaikan cowok yanti aku tahu, dan yanti juga demikian.
Hmmm jadi kangen ni ama kamu sayng ,,, ni puisi untuk kita…
Kita itu one heart
Cinta itu adalah satu dan seharusnya bersatu
Tapi ternyata jarak adalah batas
Aku dan kamu berada ditempat yang berbeda
Membayangkanmu tanpa harus menemuimu
Itu memang sudah aturannya
Aku… kamu… terpisah disudut yang sulit dipertemukan…
mempertahankan cinta yang berjarak ini
Membayangkanmu, dihadapanku, membuatku mengerti banyak hal tentang diriku…
Saat keadilan tuhan membuat kita banyak bicara
Memprotes kenapa ini harus pada kita ???
Saat cinta berjarak membuat kita mengerti bahwa rindu itu sangat menyakitkan….
Harus berapa banyak jeda lagi yang harus menjadi pemberhatianku
Saat hati lelah untuk menunggu….
Aku memelukmu dalam rindu…
Kita sama sama mengerti bahwa cinta itu bukan sekedar menunggu lalu bertemu…
Tapi bagaimana kita bertahan saat tak dipertemukan…
Dan setia seharusnya hargai mati…
Masa laluku adalah milikku disaat itu,
Dan kamu semua yang ku punyai saat ini…
Masa yang sedang kita jalani, dan nanti kita pasti punya banyak cerita
Untuk masa masa berikutnya karena kita bersama untuk waktu yang lama.

Puisi diatas aku buat untuk cinta kami,,, aku dan romin


CINTAKU
Cintaku bagai fatamorgana
Bayangmu selalu menghantuiku
Dimanapun aku berada…
Disaat kusuka dan duka
Begitu indah elok parasmu
Mutiara diantara bebatuan
Cahaya terang dalam kegelapan
Diriku seakan tertiup angin
Terbawa arus kedalam kalbu
Menuju keistana hatimu
JUWITA HATI…..
Nadi mengalir dengan derasnya
Jantung berdetak dengan kencangnya
Mata terpesona karena eloknya
Kau luluhkan hatiku dengan kesempurnaanmu….


KARENA AKU CINTA
Karena aku cinta bunga asmara merekah
Menahan malu muka jadi merah
Jantung berdegup kencang bak helicopter yang melayang
Sesosok tegap penuh pesona Tertangkap kedua bola mata
Jatuh rasa seperti cinta membelah dada menembus sukma
Terbuai keluar dari alam nyata Menari nari penuh gairah
Semakin mantap ini langkah
Tak biarkan senyumku hilang, akan sepi yang terus datang
Cinta ini semakin membara Tiada duka apalagi lara
Hanya ada bahagia dan penyeimbang serupa sengsara
Tapi itu taka pa tih aku suka
Karena aku masih merasa cinta…

Profil Penulis
Dewi zahrana , kuliah di UIN semester 3
Blog :dewianapane.blogspot.com
Share & Like