Pertemuan Singkat - Cerpen Sedih

PERTEMUAN SINGKAT
Karya Maychael Valentino

Sore itu hujan turun dengan derasnya membasahi semua yang ada dibawahnya. Dalam hujan Aku termenung, menatapi dan berfikir didalam otak ku. Bagaimana cara nya aku dapat keluar rumah untuk latihan drama? Sedangkan di luar sana, hujan turun dengan derasnya. Petir yang keras pun ikut menyambut kedatangan hujan itu.

*Kriiiiiinnnggg…. Kriiiiinngggg….kriiiinnggg…..*

Handphone monica berdering, dengan sigap monica mengambil handphone dan mengangkat telephone nya.
“hallo.. mon, hmmm lo latihan gak hari ini?” Tanya ku.
“hmmm… gak tau nih Sheil.. disini ujan deres banget. Gue bingung mau keluar gimana?” Jawab sahabatku Monica.
“iya nih. Di rumah gue juga ujan deres banget. Terus gimana dong? Mau pake motor pasti udah keburu basah banget, mau pake mobil tapi kan mobil nya di pake bokap”
“yaudah deh.. minggu ini gak usah latihan aja dulu. Ujan juga kan?” Dengan nada yang agak sedikit malas Monica menjawab.
“hah? Gak latihan? Tapi kan ini latihan hari pertama kita mon? masa iya gak latihan?”
“yah abis, mau keluar gimana ujan gini”
“yaudah deh kalo emang lo gak mau latihan, gue latihan sendiri aja deh yah? Lo nyusul minggu depan aja. Gimana? Gak apa-apa kan?” kata ku dengan agak sedikit kecewa.
“iya gak apa-apa. Oke sip”

*Ttuuuttt…tuuuutttt…tuuutttt…*

Monica menutup telephone nya. Sementara itu, aku tetap nekat ingin latihan drama. Yaps, Aku sangat bersemangat untuk mengikuti latihan drama ini untuk acara festival di senayan nanti dengan mengisi acara nya. Aku ingin memberikan yang terbaik untuk acara itu. Maka dari itu Aku bersemangat sekali untuk mengikuti latihan nya.

Dengan Honda scoopy, Aku berangkat menuju tempat latihan itu yaitu disalah satu mall di Jakarta.
Setelah sampai disana Aku langsung memasuki ruangan tempat Aku berlatih. Tiba-tiba ada seorang laki-laki yang menabrak Ku dari belakang.
“woyy.. mas!!! Kalo jalan pake mata dong, sakit tau” kata ku dengan nada yang sangat emosi.

Laki-laki itu menghiraukan omongan Ku. Tentu saja Aku merasa sangat kesal dengan sikap nya.Dengan masih agak sedikit kesal, Aku menyusul masuk ke dalam.Sesampai nya Aku di dalam, Aku terkejut. Tiba-tiba seorang laki-laki berdiri di depan panggung yang seharusnya menjadi tempat leader atau coach dari drama tersebut.
“lho?? Itu kan cowok yang tadi nabrak gue diluar? Ngapain dia berdiri di atas panggung situ?” tanyaku dalam hati yang sedikit bingung dengan kehadiran laki-laki itu.
“hallo..semua… kenalin nama gue Raka dan yang ada disebelah gue ini nama nya Joshua. Kita ber dua leader disini yang bakalan ngelatih kalian selama 4 bulan ke depan dalam rangka persiapan untuk acara festival di senayan nanti. So? Kalau tehnik tehnik berkarakter yang nggak kalian ngerti, kalian bisa langsung nannya aja sama gue atau ke Joshua. Gimana? Ngerti kan semua nya? Ada yang kurang jelas?” ujar nya memperkenalkan diri.

Serentak semua peserta choir yang ada didalam ruangan tersebut bersuara “jelaaasssss kaaaakkk”

Joshua : oke. Kalo udah pada jelas semuanya , kita bisa mulai latihan nya sekarang..

Dengan penuh semangat Aku melakukan latihan Ku hari ini. Latihan telah selesai. Aku bersiap-siap untuk kembali pulang kerumah.

Ketika Aku ingin menuju keluar tempat Aku berlatih, terdengar seorang lelaki memanggil ku dari arah belakang.

“heyyy….heyyy…” yang ternyata adalah suara Raka.
“siapa? Aku kak?” Tanya ku bingung.
“ Iya betul.. kamu!! Sini!!” seru nya.
“ada apa ya kak?”
“hmmm.. gini.. aku minta maaf yah kalo ga salah tadi sebelum mulai latihan aku sempet nabrak kamu kan diluar?” Ucap nya.
“hah? Oh iya.. hehehehe… nggak apa-apa kok kak. Mungkin aku nya juga yang nggak liat-liat jalan nya” Jawab ku..
“iya sorry banget ya.. soalnya aku tadi buru-buru aku pikir tadi aku udah telat banget, soalnya aku dateng juga udah telat ujan deres banget. Jadi pas aku dateng aku langsung buru-buru aja deh masuknya. Saking buru-burunya sampe nabrak kamu. Sekali lagi sorry yaa… hehehe” ucap nya meminta maaf.
“hahaha.. jadi lebay banget kak. Yaudah sih santai aja, Cuma nabrak doang ini kok ga sampe masuk rumah sakit ini kan? hahaha “ seru ku sedikit mencairkan suasana.
“hahaha masa iya sampe masuk rumah sakit Cuma gara-gara ditabrak doang hehehe.. oh ya by the way nama kamu siapa? aku Norman, udah tau dong pasti. Hehe”
“aku Sheila kak, Sheila Christiany. Panggil aja Sheila” jawab ku dengan senyum kecil.
“dari tadi aku perhatiin manggil nya kak mulu, gak usah manggil kak. Panggil nama aja. Lagi pula aku baru lulusan SMA tahun lalu kok hehe.. oke?”
“hmm… oke sip Raka.. “ kata ku dengan sedikit ragu. “Hmmm… kalo gitu aku pulang dulu yah kak, eh maksudnya Raka hehehe.. udah malem soalnya..”
“oke sip. Minggu depan latihan lagi ya, ajakin temen temen kamu yang belom ikut oke? Kita seru-seruan bareng disini!”
“oke siap deh Yaudah aku pulang duluan ya? Byee..”
“Sheilaaaaa…. “ seru nya memanggil nama ku. “Hati-hati dijalan ya. Byee…”
dengan tatapan mata yang sangat dalam Aku membalas perkatan Raka. “ Iya makasih ya”.

Semenjak perbinacangan ku pada malam hari itu, aku merasakan sesuatu yang aneh dalam hati ku. Aku tidak tau apa yang sebenarnya sedang ku rasakan sekarang? Seperti perasaan cinta pada pandangan yang pertama. Kini hanya dia yang ada dalam benak ku setiap saat. Dialah “Raka”

Malam telah berganti pagi. Pagi hari ini matahari bersinar dengan indah nya.Aku kembali menjalankan aktifitas sebagai pelajar di salah satu sekolah di dekat rumah ku.
“Mon…. Monicaaaa…..!!!” teriak ku memanggil sahabatku.
“astagaaa..!! ada apa sih nih anak pagi-pagi udah ribut aja? Kenapa Sheil?” jawab sahabat ku monica yang tampak kesal.
“hehe.. eh ada yang mau gue ceritaiin nih sama lo..”
“cerita? Emang mau cerita apa sih? Kalo gak penting gue gak mau denger ah.. hahaha” sedikit meledek.
“yee.. ini tuh cerita tentang pujaan hati gue tau..”
“hah? Pujaan hati? Maksudnya? Gue ga ngerti deh? Coba lo ceritaiin yang detail deh sama gue, biar gue ngerti.. oh ya by the way semalem lo latihan?
“nah..!!! itu dia yang mau gue ceritaiin sama elo..”
“apaan sih? Makin nggak ngerti gue Sheil..”
“hmm.. jadi gini, semalem gue latihan. Nah pas gue mau kedalem tempat latihan tiba-tiba ada cowok gitu yang nabrak gue. Udah gitu ga minta maaf lagi.. malah langsung pergi. Hmm.. awal nya sih gue sempet kesel, tapi setelah pulang latihan tuh cowok nyamperin gue dan minta maaf ke gue. Dan lo musti tau, ternyata dia leader yang bakalan ngelatih kita selama 4 bulan kedepan” jelas ku dengan nada yang sangat cepat.
“hmm.. tunggu..tunggu.. jadi, maksud lo pujaan hati lo tuh dia?” Tanya sahabatku.
“nama nya Raka. Hmm gue gak tau juga sih mon, tapi nggak tau kenapa, pas gue ngomong sama dia, kaya ada sesuatu dalem diri gue.. cinta kali ya.. hahahaha”
“idih.. cinta cinta.. lebay lo!! Hahaha baru pertama kali ketemu masa iya langsung cinta..”
“ga tau juga nih, kenapa ya sama gue..”
“eh tapi by the way gue jadi kepo deh sama sih Raka Raka itu. Kaya apa sih dia sampe lo bisa bilang dia pujaan hati lo hahaha…” Tanya sahabat ku yang sedikit penasaran

“ahahaha.. jadi kepo kan lo.. kalo gitu minggu depan lo ikut latihan dong biar lo tau dia yang gue maksud tuh kaya apa..”
“oke deh sip, lagi pula juga gue gak enak pertemuan pertama latihan gak ikut..”
“oke sip.. jadi ga sabar buat minggu depan lagi ya..” kata ku.
“hahaha… iya sama gue juga pengen latihan.. pasti seru.. hmm.. kalo gitu yuk masuk kelas kan udah bel” ajak Monica sahabat ku.
“yuk…”

Hari demi hari telah Aku lewati bersama sahabat ku Monica. Sampai tiba hari yang ku tunggu-tunggu datang. Hari dimana Aku memulai kembali latihan drama itu. Setelah Aku memperkenalkan Raka pada sahabat ku, akhirnya dia bisa mengetahui siapa yang ku maksud itu.
Setelah minggu demi minggu aku dengan latihan bersama nya, tanpa sadar Aku mulai menaruh perasaan pada Raka. Walau aku tidak pernah tau apa dia mempunyai perasaan yang sama dengan ku. Semakin lama hubungan ku dengan Raka semakin akrab. Seperti teman yang sudah sangat dekat. Hingga di saat bulan ke dua latihan dia menyatakan perasaan nya kepada ku. Aku tak pernah menyangka ternyata dia memiliki perasaan yang sama dengan ku.
“Sheil, kita kan udah dua bulan lebih kenal yah? Hmm.. aku mulai ngerasa nyaman kalo deket kamu, dan aku juga seneng banget bisa kenalan dan dipertemuin sama kamu. Hmm.. aku.. aku” dengan agak sedikit gugup berbicara. “hmm… aku suka sama kamu sheil. Aku sayang sama kamu. Aku mau kamu selalu disini sama aku? Apa kamu mau untuk jadi pacar aku sheil?” ucap nya yang saat itu terlihat sangat gugup.
“hmm… aku belum bisa jawab sekarang ka. Aku butuh waktu untuk ngejawab ini semua, jujur aku juga mulai tertarik sama kamu. Tapi untuk saat ini aku masih belum bisa jawab. Kasih aku waktu ya sampe aku siap jawab ini semua” kata ku menjelaskan semua nya.

Entah apa yang ku katakan. Saat itu Aku berfikir, betapa bodoh nya Aku. Mengapa aku tidak langsung menjawab untuk menerima nya? Bukan kah Aku juga mencintai nya? Tapi entah ada sesuatu hal yang tidak bisa ku jawab pada malam itu.
Kini hari semakin cepat berganti. Hubungan ku dengan Raka juga semakin baik, walaupun tanpa ada nya ikatan di antara kita karena sampai saat ini aku masih belum memberikannya jawaban atas pernyataan nya malam itu.

Semakin cepat hari berganti, semakin cepat pula hari mendekati acara festival di senayan itu. Kini Aku mulai menyadari waktu ku yang semakin singkat untuk berlatih dan bisa terus melihat Raka setiap minggu nya pasti tidak akan terjadi lagi kalau festival itu selsesai. Tidak akan lagi ada yang nama nya latihan setiap minggu nya. Dan kesempatan ku bersama Raka sudah tentu tidak akan pernah ada lagi.
Esok festival itu pun akan tiba. Aku dan sahabat ku Monica mempersiapkan nya pada malam hari ini. Tiba-tiba Aku merasa sangat rindu dengan Raka. Kini Aku yakin, kalau dia memang benar-benar belahan jiwaku. Aku sudah memustuskan untuk menjawab semua pertanyaan nya selama ini, dan menerima ia untuk menjadi belahan jiwaku. Aku berharap besok dia akan menonton aku perfom di acara festival itu, dan di saat itu aku akan menjawab dan menerima nya sebagai pacarku.
“Sheil.. udah malem nih, udah yuk tidur! Besok pagi kan kita mau perfom” ucap sahabatku Monica yang mengajak untuk istirahat.
“iya yaudah kita istirahat ya” ucap ku sambil mematikan lampu

Hari berganti pagi. Semangat ku sangat menyala-nyala pagi ini, dengan perasaan yang senang karena akan perfom di acara yang memang sudah lama ku nantikan bersama Monica sahabatku. Perjalanan menuju tempat acara pun kami mulai. Sesampai nya disana Aku mulai sibuk dengan segala persiapan, sesekali Aku mencari Raka dengan melihat ke sekeliling, tetapi dia tidak ada dan kelihatan. Mungkin masih dalam perjalan pikirku.
Acara telah di mulai dan Aku tampil di depan panggung, dengan bangga. Aku berharap dari kejauhan Raka bisa melihat ku, inilah hasil dari 4 bulan lama nya aku berlatih bersama nya. Aku mencoba melihat kesekeliling tak ku temukan juga ia dalam pandangan ku.
“Sheil… wuih.. gue seneng banget ya, sukses lho kita… akhirnya selesai juga ya acaranya tadi hahaah..”ucap Monica
“Sheil kok lo diem aja sih?” sambil memerhatikan aku. “Sheil.. lo nangis? Kenapa Sheil yaampun?”
“gue sedih Mon. Gue kangen sama Raka. Dia dimana yah mon? Gue gak liat dia ada dari tadi. Sampe sekarang acara udah selesai. Dia masih juga belom keliatan” kata ku menjelaskan kesedihan ku.
“udah jangan nangis lagi ya. mungkin dia ga dateng kali Sheil..” yang coba menenangkan ku. “ yaudah kita pulang yuk?”

Saat ini acara itu telah selesai. Sudah 4 bulan lebih Aku menunggu kehadiran nya, sudah 4 bulan lebih Aku merindukan nya, sudah 4 bulan lebih Aku menahan semua rasa penyesalan ini. Mengapa Aku tidak menjawab dari awal saja dan menerima dia untuk menjadi pacar ku? Mungkin tidak akan sendiri aku sekarang disini.
Hari ini Aku memutuskan untuk menenangkan diri ku di pantai, bersama sahabat ku, aku pergi ke pantai untuk menenangkan diri sejenak.
“kenapa lo baru cerita sekarang sih Sheil ke gue? Kenapa lo gak langsung terima dia untuk jadi pacar lo? Bukan nya lo juga suka banget kan sama dia?” kata sahabat ku dengan nada yang sangat sedikit tinggi.
“gue juga gak tau kenapa gue ngulur waktu untuk ngejawab itu semua Mon, mungkin disaat itu gue masih belom terlalu yakin sama dia. Tapi sekarang? Gue bener bener yakin banget kalo dia emang pilihan hati gue. Gue nyesel banget udah sia-siain pertemuan yang singkat banget itu.” Sambil meneteskan air mata yang sudah tak bisa ku bendung lagi aku mengatakan semua itu kepada sahabatku. “ gue kangen banget sama dia mon, gue sayang banget sama dia mon, andai waktu masih bisa gue puter? Gue akan balik lagi ke malem itu dan akan nerima dia mon. kenapa sih gue baru sadar dan ngerasa nya sekarang? “sambil meneteskan air mata yang cukup banyak Aku marah pada diri ku sendiri.
“udah lah sheil.. ini semua udah lewat. Lo musti yakin, kalo emang jodoh dan tuhan berkehendak? Dia ga akan kemana-mana. Dia pasti akan balik lagi ke elo suatu saat nanti. Sekarang ga ada guna nya lagi lo nyesel sama diri lo sendiri? Ini semua udah selesai ! latihan kita, pertemuan kita sama dia, semua selesai sheil.. so? Lo musti tetep semangat buat ngejalanin hidup lo kedepan nya lagi, ada atau tanpa dia. Oke? “ ucap Monica yang seakan menasihatiku.

Dalam gelap Aku mencari cahaya, Dalam sepi Aku mencari keramaian, dan dalam sendiri Aku mencari engkau yang dulu pernah ada mengisi hari ku. Walau hanya sebentar saja engkau ada dihidupku. Hari ini hujan turun dengan derasnya, ombak di pantai ikut larut dalam hujan yang sangat deras itu. Aku meneteskan air mata ,terdiam, termenung, memikirkan dia dan merindukan dia.
Dalam hati aku memanggil nama nya dengan lembut “Raaakkkaaaaaa”
Dan dalam hati aku berharap, hujan dan ombak mampu membawa keheningan dan kerinduan ku yang kurasakan sekarang. Sampaikan pada dia yang ada disana bahwa aku disini merindukan semua tentang nya.


***
THE END

PROFIL PENULIS
Nama : Maychael Valentino
Tanggal lahir : 29 oktober 1995
Tempat lahir : Bekasi
Cita-cita : Penulis
Facebook : Maychael Valentino
Twitter : @maychaell

Baca juga Cerpen Sedih yang lainnya.
Share & Like